Connect With Us

ad size
ad size

Friday, February 14, 2014

Mengapa menyukai marchingband / drumband?


 Mengapa Menyukai Marching band?
 


  
Saya awalnya sejak di bangku sekolah dasar suka sekali menontonnya karena kagum melihat kekompakan dan nampak seperti elegan jika berada didalamnya, maklum dulu jarang sekali marchingband di tempat saya dan itupun hanya acara 17 agustus saja  adanya hanya 1-2 sekolah yang tampil dari beberapa kecamatan  plus tambahan  Marchingband Marinir.

Tanpa disadari, sejak 2012 saya harus tahu apa itu Marchingband karena masuk pengurusan PDBI Kota Batam.

Marchingband?

Ya, Marching band. Dengan menjadi bagian Marchingband apa yang saya sangat sukai :

MUSIK dan SYARAF OTAK

Mendengarkan musik  atau memainkan musik  sangat mempengaruhi otak, tapi yang paling utama adalah memainkannya. Karena alunan matematis dalam melodi musik membuat aktif otak dan terus  dan terus mengembang. Wow, dengan mendengarkan music apalagi dengan memainkannya seperti menyeret otak secara emosional. Marching dan bermain musik pada saat bersamaan  sangat menantang dan merangsang syaraf otak untuk mengerjakan marching dan bermain musik bersamaan.

DISIPLIN

Berlatih dengan keras. Menghafal music. Menghafal drill. Huff…sebenarnya membosankan melakukannya berulang-ulang. Tapi inilah kuncinya …DISIPLIN… Disiplin menjadi adalah harga dasar dalam tim seperti marching band dan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dalam perjalanan hidup.

KERJA TIM, PERSAHABATAN, dan KEPERCAYAAN
Kerja tim. Setiap bagian dari sebuah tim adalah penting. Setiap bagian memberikan kontribusi. Ada kepuasan yang luar biasa dengan bekerja keras bersama-sama.  Kerja tim marching berbeda dengan kerja tim olahraga lainnya, dalam tim olahraga tujuannya adalah mengalahkan lawan. Kerja sama tim dalam marching band adalah tentang perbaikan diri dan kelompok - perbaikan diri , bersaing dengan diri sendiri, membandingkan hasil dengan diri dari waktu ke waktu.

MENEJEMEN WAKTU dan PENGORBANAN.
Setiap anggota harus rela berbagi waktu untuk bermain game, kawan, keluarga, belajar. Karena sebagian akan digunakan untuk berlatih Marching band. Kemampuan dan pengalaman ini akan berguna untuk masa depan. Semua anggota tim dapat merasakan  hasil jerih payah dari pengorbanan yang dilakukan demi sebuah tim yang hebat.

KETAHANAN dan KREATIFITAS

Meski berantakan, nyali tim teruji apakah mampu bertahan. Meski tidak suka, tim harus bertahan dan disiplin.Marching band tidak hanya yang bermain alat musik, tapi termasuk pelatih. Pelatih yang kreatif mampu mengkombinasikan karakter anggota dan alat musik layaknya seorang sutradara mengatur peran.

KEHORMATAN

Dalam Marching band, tim diajarkan untuk respek terhadap semua situasi, tidak urakan, tidak bercanda, focus terhadap diri sendiri dan tujuan tim.

KEDERMAWANAN

Memuji tim lainnya pada kompetisi. Orang tua pun ikut memuji tim lainnya pada kompetisi. Bertepuk tangan saling menghargai.

0 komentar:

Post a Comment